Thursday, September 26, 2013

Emily Wallace

Sesosok siswi berpostur tubuh tinggi dan berambut pirang tampak sangat berbeda di lingkungan sekolah kami tercinta, SMA Negeri 11 Surabaya pada hari Jumat tanggal 30 Agustus 2013. Seragam sekolah berwarna biru dan bercorak batik yang digunakannya pada hari itu terasa sangat aneh karena yang menggunakan seragam tersebut adalah bule. Bule itu bernama Emily Wallace, dia adalah siswa pertukaran pelajar dari Organisasi AFS-YES! Year Programme 2013-2014 yang berasal dari Illinois, United States of America (USA). Nama lengkapnya Emily Sophia Wallace dan biasa dipanggil Emily di Indonesia. Gadis Amerika yang juga mempunyai keturunan Polandia ini lahir di Chicago, Illinois, USA pada tanggal 6 April 1996.

Cewek yang hobi memasak dan membaca buku ini ternyata juga suka bermain sepak bola. Sedangkan di Indonesia, seorang cewek bermain sepak bola bukanlah hal yang biasa seperti di Amerika sana. Karena baru sekitar 2 minggu Emily berada di Indonesia, aktvitas yang biasa dia lakukan di luar hari sekolah tentunya mempelajari budaya Indonesia. Emily sangat mencintai pelajaran sejarah, oleh karena itu dia merasa sangat bahagia bisa mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar dari YES! yang berasal dari Pemerintah Amerika Serikat langsung. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut tentunya tidak mudah karena banyak orang yang juga memperebutkan pergi ke luar negeri GRATIS! Setiap Sabtu Emily mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Surabaya, salah satunya adalah Monumen Tugu Pahlawan. Setiap hari Minggu Emily mempelajari tari Remo Muda bersama 3 temannya yang berasal dari Amerika, Thailand dan Meksiko yang juga merupakan siswa pertukaran pelajar AFS-YES!

  Ciri fisik yang menonjol dari Emily adalah wajahnya yang bundar, rambutnya panjang berwarna pirang dan lurus, kulit putih kemerah-merahan, hidung mancung, alis tebal dan matanya yang berwarna biru kehijau-hijauan membuatnya terlihat sangat berbeda sekali jika kita berjalan di sampingnya. Kebiasaan cewek berzodiak Aries ini adalah makan buah setiap hari dan minum teh setiap pagi. Easygoing, ramah, suka bercanda, berpendirian teguh serta kadang-kadang keras kepala adalah beberapa sifat yang dimiliki Emily. Di waktu senggang dia menghabiskan waktunya mendengarkan musik klasik dan bernyanyi. Emily suka dengan kucing dan menamai salah satu kucing di rumahku, Hilary.

  Anak ketiga dari empat bersaudara ini tinggal di Amerika beralamatkan 131 Fransisco Terrace Oak Park, Illinois 60302 USA. Ketiga saudaranya semuanya laki-laki dan dia anak perempuan tunggal di keluarganya. Kedua orang tuanya telah bercerai, sehingga dia dan ketiga saudaranya tinggal bergantian di rumah ibu dan ayahnya. Emily mengenyam pendidikan di tanah kelahirannya yang diawali dengan bersekolah di Pilgrin Nursery School yang lebih dikenal dengan Taman Kanak-Kanak (TK) di sini, Holmes Elementary School yaitu Sekolah Dasar (SD), Gwendolyn Brooks Middle School yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) lalu dilanjutkan Oak Park River Forest High School yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) dan di Indonesia Emily bersekolah di SMA Negeri 11 Surabaya yang merupakan sekolah Adiwiyata terbaik se-Surabaya Barat.

  Selama di Indonesia Emily belum sempat mencoba serta bergabung dalam beberapa ekstrakurikuler di SMA Negeri 11 Surabaya. Organisasi yang diikuti olehnya selama di Amerika adalah : Tabula (Editor of Yearbook) Tabula adalah salah satu buku kenangan yang selalu diterbitkan di SMA-nya setiap tahun. Buku ini biasanya hanya dibuat oleh siswa yang akan lulus dan betujuan untuk tetap menjaga hubungan antar siswa setelah lulus nantinya. Di Tabula, Emily berperan sebagai Editor. Contributor to Trapeze (Newspaper) Trapeze adalah nama koran yang berada di SMA-nya. Di Trapeze ini, Emily biasanya menuliskan beberapa berita tentang sekolahnya untuk dimuat di koran tersebut. Koran ini terbit setiap 2 minggu sekali. Lifeguard at Pool Selama musim panas di Amerika, Emily bekerja part-time sabagai perenang penyelamat di salah satu kolam renang di USA. Karena di Amerika memiliki 4 musim, ini berarti dia hanya bekerja dua bulan dalam setahun. Waktu kerjanya yaitu selama 7 jam dengan shift harian sebanyak 4 sampai 5 hari per minggu.

  Rencana beberapa tahun ke depan Emily akan melanjutkan kuliah di tanah kelahirannya tersebut yakni di Tufts University jurusan International Relationship (Hubungan Internasional). Sebelum memulai tahun pertamanya di bangku kuliah, Emily dan keluarganya akan jalan-jalan menjelajah beberapa negara di dunia. Masih belum dipastikan negara mana saja yang akan menjadi tujuannya. Setelah lulus kuliah nanti dia ingin bekerja di American Foreign Service atau Journalism yaitu sebagai penulis. Social media yang selalu digunakan oleh Emily hanya dua, yaitun facebook dan e-mail. Nama akun facebook : Emily Wallace , E-mail : emilywallace517@gmail.com

Written by : 1202321314 - Uci Nur Fauziah

0 comments:

Post a Comment

 
;