Tuesday, November 12, 2013

Blackberry 8520 dan Apple iPod touch generasi 5

Smartphone di abad ke-20 ini sudah bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam merek smartphone mulai dari harga yang miring hingga mahal selalu laris di pasaran karena masyarakat Indonesia cenderung konsumtif. Saya menggunakan smartphone bermerek Blackberry tipe 8520 yang lebih dikenal dengan “BB Gemini”, selain itu saya juga menggunakan Apple iPod touch generasi 5.
Saya mendapatkan BB Gemini berwarna hitam tadi dari ibu saya semenjak saya kelas 8 (2 SMP), sedangkan Apple iPod touch gen 5 yang berwarna biru muda saya beli di Amerika melalui teman saya yang kebetulan sewaktu itu dia menang Lomba Jurnalis DBL Jawa Pos sebagai Best Photographer pada tahun 2012. Karena teman saya menjadi pemenang, dia mendapatkan hadiah ke Amerika Serikat selama 7 hari dan pada saat itu Apple iPod touch gen 5 belum rilis di Indonesia dan saya nitip gadget tersebut ke teman saya karena harga Apple di sana jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.



Spesifikasi blackberry 8520 ini adalah General networknya 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900. Tipe layarnya TFT, 65K colors dan ukuran layarnya 320 x 240 pixels, 2.46 inches. Dimesi ukuran/ beratnya 109 x 60 x 13.9 mm / 106 g. Audio speaker Vibration, MP3 Ringtones, kamera 2 MP, Audio jack nya 3.5mm jack audio dan juga memiliki speakerphone. Memori internalnya sendiri 256MB, sedangkan memori eksternalnya Slot Micro SD card hingga 32GB. Sedangkan Apple iPod touch gen 5 ini full touch screen, berat 88 gram, menggunakan iOS 6/7, kamera belakang 5MP, kamera depan 1,2 MP, kapasitas penyimpanan maksimal 64GB, kecepatan prosesor Dual-core A-5, resolusi layar 1136x640.


Berbicara mengenai kelebihan Blackberry Gemini Curve 8520. Kelebihan utama BB Gemini adalah pada fitur BBM-nya (Blackberry Messenger). Melalui BBM ini lah kita bisa dengan mudah chatting dengan siapapun tanpa harus mengeluarkan duit lagi untuk berkirim SMS (Short Message Send) karena sistem Smartphone ini menggunakan paketan untuk berlangganan setip hari,bulan atau minggunya tergantung si pemakai. Smartphone Curve series ini memiliki harga yang ramah dengan kantong pelajar ataupun mahasiswa. Selain itu, BB Gemini 8520 ini juga terkenal sangat bandel dan tidak mudah rusak dibandingkan series curve karena BB Gemini ini menggunakan trackpad. Namun untuk kekurangan Blackberry Gemini Curve 8520 ini sendiri mungkin terletak pada fitur jaringan nya yang hanya support jaringan EDGE (belum 3G) , otomatis kecepatan akses browsing tidak secepat blackberry-blackberry series lain yang sudah berkekuatan 3G atau HSDPA. Namun, Blackberry Gemini ini sudah dibekali dengan fitur wifi yang bisa digunakan pada area hotspot.




Desain lebih tipis dan memiliki pilihan warna lebih banyak adalah salah satu kelebihan Apple iPod touch gen 5. Bagi yang gandrung gadget tipis, iPod Touch akan lebih menarik. Ketebalannya yang hanya 6,1 mm membuatnya lebih tipis dibanding iPhone 5 yang 7,6 mm. Bobotnya juga lebih ringan, 88 gram, dibandingkan iPhone 5 yang beratnya 112 gram. iPod touch juga hadir dengan pilihan warna yang menyegarkan. Jika iPhone 5 hanya memiliki dua warna hitam dan putih, iPod Touch hadir dalam enam warna pilihan yaitu hitam, perak, biru muda, kuning, merah dan merah muda. Di samping itu, Dengan processor A5 yang diperbaharui dan 7x peningkatan kecepatan graphic dibanding generasi sebelumnya iPod Touch terbaru ini dapat menjalankan game terberat apapun yang ada di App Store. Lebih dari 100.000 game tersedia di App Store dan lebih dari 30%nya tersedia secara gratis. Itu berarti lebih dari 30.000 game, jika kita sehari mendownload 1 game maka butuh 82 tahun untuk mendownload semua game gratisnya! Dan dengan berkembangnya game premium yang berkualitas baik maka kamu akan mendapatkan lebih banyak game gratis dengan kualitas luar biasa seperti Dead Trigger atau Juggernaut dimasa mendatang. Layar baru 4 Inch berarti lebih banyak ruang untuk menaruh interface game, yang artinya lebih banyak ruang untuk melihat graphic yang luar biasa di iPod touch. Kamera iSight 5MP yang mantap! Ok ini memang tidak sepenuhnya berhubungan dengan kebutuhan gaming kalian, tapi siapa yang tidak suka menjepret sesuatu dan menguploadnya untuk di share di Facebook atau Instagram? iPod Touch generasi 5 adalah iPod dengan kamera yang terbaik yang pernah dirilis.


Salah satu aplikasi yang sering saya gunakan di Blackberry adalah aplikasi BBM (Blackberry Messenger). Fungsi BBM ini adalah memudahkan kita untuk berkomunikasi, selain itu di fitur BBM ini kita juga bisa saling bertukar foto, lagu ataupun video. Sedangkan di Apple iPod touch gen 5 saya selalu menggunakan VSCOcam dan Rhonna Design. Fungsi aplikasi tersebut adalah untuk mengedit foto sesuai keinginan kita, seperti menambahkan frame, overlays ataupun tulisan. Apple iPod touch gen 5 ini dilengkapi dengan kamera depan. Itu artinya kita bisa melakukan video call dengan Skype maupun FaceTime. Jadi dengan adanya fasilitas video call, kita dapat menghemat pulsa tanpa harus membayar roaming yang mahal ke luar negeri.


Cara Memasukan Buku ke iBooks Gratisan


Yang menyenangkan dari iOS 6 adalah sekarang kita dapat membaca buku-buku digital ke iPhone. Tapi, sayangnya buku-buku yang dijual belum bisa diunduh dengan menggunakan akun iTunes Indonesia. Untungnya ada cara mudah untuk menambahkan manual buku digital Anda dalam format PDF ataupun epub ke dalam iBooks. Berikut ini langkah-langkah menambahkan PDF atau ePub ke iBooks.


Setingan iBooks di iTunes


Apabila kalian belum mempunyai iBooks terpasang di iPhone, silakan unduh di iTunes store gratis. Setelah itu cek iTunes apakah di sidebar sudah ada Books atau belum. Apabila belum, bukalah Preferences iTunes dan aktifkan Books di tab General. Nah sekarang kita siap memasukan buku digital.




Cara Menambahkan ePub dan PDF

ePub atau dikenal juga sebagai e-Publishing, sebuah format resmi yang dipakai untuk buku-buku publiskasi digital juga sebagai format berkas utama aplikasi iBooks. Untuk menambahkanya pertama Anda harus mencari buku berformat ePub dulu, bisa Anda temukan di epubBooks. Sebagai contoh saya memakai buku cerita si boneka kayu Pinocchio ini. Di blog ini kita akan menemukan 20 website yang menyediakan ebooks gratis.






Di iTunes tambahkan buku Pinocchio tersbeut ke library iTunes. File ePub secara otomatis masuk ke dalam Books. Buku Pinocchio tersebut tidak mempunyai cover, untuk menambahkan cover prosesnya sama dengan menambahkan cover Album musik, hanya dengan menyimpan gambar cover ke bagian “Drag Artwork Here”.




Sekarang yang perlu dilakukan adalah sync-kan iTunes dengan iPhone, maka buku-buku tersebut siap dibawa-bawa kemanapun kalian berada.

0 comments:

Post a Comment

 
;