Friday, December 6, 2013

Blackberry 9300


Kalau kita berbicara tentang teknologi, hal tersebut tidak akan ada habisnya. Kenapa? karena teknologi dari zaman ke zaman akan terus berkembang tidak terkecuali adalah ponsel. Para produsen ponsel ini berkerja keras menciptakan inovasi-inovasi baru yang membuat para konsumen tertarik dengan barang mereka. Saat ini ponsel sudah sangat canggih dan sering dibilang dengan sebutan Smartphone. Saat ini produsen smartphone yang memegang penjualan terbesar adalah Samsung, Apple, Blackberry dan Nokia. Apalagi baru-baru ini status Android OS sedang naik daun, dan peminatnya sangat banyak di dunia.
Maka dari itu Samsung saat ini menjadi pemegang kekuasaan tertinggi pada penjualan ponselnya yang dikarenakan kebanyakan produknya berbasis Android Operation System. OS ini disematkan di produk teranyarnya di Samsung Galaxy Series. Disusul dengan Apple dengan keluaran terbarunya yaitu Iphone5S dan Iphone5C dengan platform terbarunya yaitu iOS7, kemudian Blackberry dengan produk teranyarnya yaitu Z10 dan Q10. Ada juga Q5 untuk blackberry versi murah yang sama-sama menggunakan Blackberry OS10.dan yang terakhir adalah Nokia. Siapa yang tak kenal dengan produk ini? Pastinya banyak orang yang sudah kenal dengan produk yang sangat legendaris ini. Sayangnya, status Nokia terancam dengan keluarnya merek-merek baru yang membuat banyak konsumen meninggalkan Nokia dan beralih ke merek lainya. Tetapi Nokia tidak tinggal diam dengan hal tersebut. Nokia meluncurkan smartphone terbarunya dengan basis Windows Phone dari Microsoft. Langkah ini sangat brilian, dikarenakan penjualan Nokia kembali meroket yang dulu sempat nyungsep. Semua tadi itu adalah sebagian kecil produk dengan merek-merek ternama dan masih banyak lagi smartphone lainnya yang bekerja keras untuk merebut pasar ponsel dunia. Saya adalah salah satu konsumen yang kepincut barang-barang mereka.

Pada saat itu tepatnya tanggal 26 Desember 2012, Saya bersama keluarga berbondong-bondong mengunjungi situs penjualan ponsel yang berada di daerah Margorejo. Ya, Di Plaza Marina. Saya bingung mana yang harus saya beli karena disana sangat banyak varian bentuk dan merek ponsel. Kalau bisa sih beli semua, karena saya pikir barang mereka sangat bagus. Tapi karena terbentur dengan budget yang sedikit, saya memilih ponsel yang bagus namun cukup murah. Setelah bingung tujuh keliling untuk memilih ponsel apa yang akan saya pinang, tiba kakak saya menyarankan untuk membeli ponsel Blackberry. Karena pada saat itu, Blackberry sangat poluler dan kebetulan sang kakak juga memakai ponsel dengan merek yang sama. Mungkin untuk memudahkan berkomunikasi. Setelah berpikir panjang, kemudian saya memutuskan untuk meminang smartphone Blackberry. Setelah berdebat dengan sang penjual dan tawar menawar akhirnya Blackberry 9300 warna hitam sudah di tangan.

Blackberry 9800 adalah merupakan produk anggota keluarga Blackberry Curve Series dengan menggunakan teknologi 3G. Reseach In Motion (RIM) terus berupaya menghasilkan produk yang mutahir guna untuk menjatuhkan penjualan pasar kompetitornya. Dari segi desain bentuknya tidak jauh beda dengan versi sebelumnya yaitu Blackberry 8520 Gemini. Untungnya penambahan casing kulit dibagian belakang membuat tampilannya lebih premium.

Blackberry 9300 dipersenjatai dengan prosesor berkekuatan 624 MHz dengan teknologi 3G yang dimiliki membuat penggunanya bisa komunikasi dan surfing internet lebih cepat. Smartphone ini juga menggunakan Blackberry OS 5 tetapi RIM mengatakan Blackberry 9300 ini dapat diupgrade menjadi OS 6. Dari segi bentuk, model Blackberry ini cukup tipis dan ringan hanya dengan berat 104 gram dan tebalnya hanya 13,9mm. Cukup user friendly bukan? Terutama untuk masuk kantong, ukurannya sangat pas. Sang produsen juga memakai optical trackpad, pengetikannya full qwerty, dan ditambah dengan layar 2,46 inci yang memudahkan pengguna.nya untuk mengoperasikan perangkat ini. Setelah menilik bagian sisi luarnya saja, saya mencoba melihat spesifikasinya lebih dalam lagi. Blackberry 9300 memiliki kamera belakang dengan ketajaman 2 megapixel ditambah lagi dengan memori internalnya yang cukup besar yaitu 256 RAM dan memori eksternalnya bisa memuat banyak hingga 32GB akan sangat memudahkan pengguna untuk menyimpan banyak foto dan multimedia lainnya terutama para pelajar yang narsis termasuk saya. Setelah foto-foto, bisa mengirimnya ke perangkat lain karena perangkat ini di sematkan Bluetooth versi 2.1. Untuk jaringan data, perangkat ini menggunakan teknologi 3G dilengkapi dengan Wi-Fi, GPS, Java. Dan bila ingin terkoneksi ke PC, sudah disematkan USB port.

Tak ada yang sempurna di dunia ini, pastinya ada kelebihan dan kekurangannya termasuk ponsel. Pada ponselku ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Blackberry 9300 atau yang sering disebut dengan BB Gemini 3G, memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Meskipun sama dengan versi sebelumnya yang menganut kamera 2MP, tetapi versi ini lebih fokus dan lebih peka menangkap cahaya
  2. Menggunakan teknologi 3G, yang tidak ada pada versi Blackberry 8520, 8320,dan 8310 yang konektivitasnya masih EDGE
  3. Casingnya dilabur dengan warna krom yang membuat tampilannya lebih menarik
  4. Dapat di upgrade ke OS 6 yang tidak dapat dilakukan pada versi sebelumnya
  5. Menggunakan prosesor yang setara dengan Blackberry 9700 Onyx yaitu 624 MHz
  6. Memiliki aplikasi GPS yang memudahkan untuk mencari arah dan tujuan
  7. Tersesia fasilitas Wi-Fi
  8. Dapat mengunduh aplikasi lebih banyak dari App World karena space penyimpanannya yang cukup besar
  9. Ada aplikasi BBM yang memudahkan pengguna untuk chat ataupun mengirim gambar, foto, video, dll.
  10. Di bagian bodi atas, RIM juga menyematkan tombol shortcut atau semacam jalan pintas menuju musik atau media lainnya
  11. Sudah di lengkapi Built-in GPS
Di sisi lain, BlackBerry 9300 ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:
  1. Karena memakai teknologi 3G, membuat daya kekuatan baterai akan cepat melemah
  2. Hanya memiliki satu kamera belakang. Pengguna akan sangat kerepotan bila akan berfoto ria ataupun bila sesekali ingin melihat tampilan pengguna. Istilahnya sih ngaca, hehehe…
  3. Proses bootingnya lama atau restartnya lama
  4. Bila ingin uninstall aplikasi dari ponsel, selalu dituntut untuk merestart ponsel
  5. Bila memiliki aplikasi yang banyak di ponsel, biasanya terjadi nge hang dan terkadang harus restart dari awal
  6. Warna krom yang ada di casing blackberry 9300 mudah terkelupas apalagi bila di beri seperti garskin
  7. Masih menggunakan basic OS 5
  8. Dalam keadaaan gelap Blackberry kurang bisa diandalkan karena kameranya tanpa flash
  9. Trackpadnya lebih menonjol akan tetapi tombolnya cukup keras. Jadinya bila melakukan pengetikan dalam jangka waktu yang cukup lama sepertinya kurang nyaman
  10. Meskipun prosesornya setara dengan BlackBerry Onyx, tetapi masih kalah jauh dibandingkan dengan prosesor-prosesor pada ponsel yang setingkatnya.
Pada Blackberry 9300 ini, memiliki fitur atau aplikasi andalan yang sering saya pakai diantaranya yaitu Blackberry Messenger (BBM), App World, Document To Go, SMS dan PD English-Indonesia. Siapa yang tak kenal dengan BlackBerry Messenger atau sebutan lainnya yaitu BBM? Pastinya kata-kata ini sudah tidak asing lagi di masyarakat terutama di kalangan anak muda. Ya, BBM adalah fitur andalan Blackberry gunanya untuk mengobrol dengan teman. Tak hanya chat dengan teman, BBM juga memberikan layanan transfer data misalnya seperti mengirim foto, lagu, video dan lain-lainnya. Lain halnya dengan App World, fitur ini disediakan oleh RIM untuk para pengguna Blackberry yang berfungsi untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang di rekomendasikan oleh pihak RIM dan untuk mengaksesnya di butuhkan paket data full service. Lain halnya dengan Document to Go, yaitu aplikasi bawaan Blackberry itu sendiri gunanya untuk menyimpan data-data sementara misalnya seperti Microsoft Word, Excel maupun Powerpoint tetapi pada aplikasi ini kita hanya dapat me-previewnya saja. Kalo SMS pasti ada di ponsel manapun dan gunanya untuk mengirim pesan ke teman terdekat, kerabat, orang tua, saudara, ataupun kepada orang yang di sayang. Kemudian yang terakhir itu adalah PD Engllish-Indonesia yaitu pocket dictionary atau kamus praktis yang masuk kantong gunanya untuk meggubah bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

Dari ke lima aplikasi yang sering saya pakai tadi, ada satu aplikasi atau fitur yang menurut saya pribadi dianggap menarik yaitu Document to Go. Selain bisa menyimpan data ke ponsel, juga bisa sebagai alat untuk pembelajaran. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Pasangkan port USB ke Blackberry dan sambungkan ujung satunya ke PC atau sejenisnya.
  • Setelah itu tunggu beberapa detik
  • Setelah terkoneksi dengan komputer, cari atau pilih data atau file* yang akan disalin ke dalam perangkat Blackberry (*file dalam bentuk Ms. Word. Ms, Excel dan Ms. Power Point)
  • Setelah menemukan filenya pilih copy ataupun cut
  • Pilih letak dimana file akan diletakkan**, setelah menemukan tempat yang diinginkan pilih paste (**meletakkannya di memori BlackBerry)
  • Setelah itu cabut, USB port kemudian cek di perangkat BlackBerry
  • Pilih tombol menu
  • Pilih folder Applications (Pengaturan Standar Pabrikan)
  • Pilih salah satu document to Go
  • Secara otomatis perangkat akan mencari data yang di simpan (atau bila belum muncul bisa pilih “Open a File”
  • Setelah menemukan file yang di cari, buka dan tunggu beberapa saat untuk menunggu proses pembukaan
Ya itulah sekilas tentang handphone.ku, mungkin bisa menjadi bahan referensi tersendiri atau bisa masuk menjadi daftar pilihan handphone yang akan anda beli nantinnya

0 comments:

Post a Comment

 
;