Thursday, October 10, 2013

APPLE IPHONE 5s

IPhone 5s yang saya dapatkan dengan cara menabung ini adalah smartphone besutan apple yang baru-baru ini diluncurkan dan telah ditunggu-tunggu oleh para Apple fanboy yang memiliki slogan “Forward Thinking”. Meskipun sekilas bentuk luar dari iPhone 5s ini masih sama dengan pendahhulunya jeroannya tentu ada perbedaanya mari kita bahas satu-persatu dalam artikel yang satu ini

Seperti iPhone 4 dan 4s iphone 5 dan iphone 5s memang memiliki persamaan dalam bentuk luarnya. Hanya dua hal yang dapat membedakan iPhone 5 dan 5s adalah tombol home yang sudah diganti dengan touch id dan bentuk flash yang sedikit berbeda.


Terdapat tiga pilihan warna seperti space grey, gold dan  silver. Sama seperti iPhone 5 terdapat tiga pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 16GB, 32GB dan 64GB. Khusus untuk 64GB hanya tersedia dengan pilihan warna gold. Untuk aksesoris masih bisa memakai milik iPhone 5. 


Untuk ukuran layar sama seperti iPhone 5 yaitu 4 inchi. Tombol home pada iPhone 5s ini memiliki perbedaan yaitu dipinggirannya terdapat plate yang warnanya menyamakan dengan bezelnya jadi membuat gadget yang satu ini terkesan lebih elegan.


Fitur yang menjadi pembeda nomer satu smartphone ini dengan yang lain yaitu touch id, sebuah sensor sidik jari. Touch ID ini dapat digunakan untuk membuka kunci pada iPhone. Touch id juga dapat digunakan untuk pembelian pada Apple Store. Jadi tidak usah repot-repot memasukkan password. Satu lagi touch id dapat mengenali lebih dari satu sidik jari.





Smartphone ini memiliki processor yang bernama A7 dan Co-Processor bernama M7. A7 memiliki kemampuan 2 kali lebih cepat disbanding A6(iPhone 5). A7 juga mendukung open gl 3.0 jadi grafis yang dihgasilkan tentu lebih tajam dan lebih kompleks yang sebelumnya hanya terdap[at pad PC, MAC dan konsol game. Dengan kecepatan 2 kali lebih cepat daripada A6, A7 dapat memberikan kecepatan lebih pada fitur camera seperti autofocus, dan capturing serta memberikan frame rate yang lebih tinggi pada hal video sehingga hasil video pada slow-mo lebih halus. Co-proseccor M7 berfungsi sebagai mengendalikan sensor yang terdapat pada iPhone 5s ini seperti accelerometer, gyroscope, compass sehingga, tidak memberatkan chip A7. IPhone 5s ini telah menerapkan arsitektur 64 bit.

Gadget yang satu ini telah menggunakan iOS versi terbaru dari apple yaitu, iOS 7. iOS 7 merupakan system operasi yang benar-benar berbeda dari pendahulunya. Fitur dan temanya telah di desain ulang oleh tim apple sehingga menimbulkan pengalaman baru bagi pengguna ios-ios versi sebelumnya. Fitur-fitur barunya yakni kompatibilitas dengan Touch ID, Control Center baru jadi kita dapat mengakses berbagai macam pengaturan dengan cepat dan mudah, bentuk multitasking yang baru, fitur kamera iSight yang sepenuhnya baru dan masih banyak lagi.




iSight nama pemberian apple untuk kamera pada gadget besutannya. Kali ini apple memilih untuk tidak meningkatkan megapixelnya tetapi sensor cahay ditingkatkan 33% hingga dapat menyerap cahaya secara lebih banyak, memiliki 120 frame rate per second dalam pengambilan video, 3x zoom pada live preview video, sensor cameranyapun ditingkatkan sebanyak 15%.

Salah satu kelebihan dari smartphone ini adalah banyaknya aplikasi yang saya butihkan di Apple store dan GUI (Graphical User Interface) yang sangat user friendly dan satu lagi fitur keamanan touch id yang dapat membuat smartphone ini aman dari tangan-tangan jail. Sayang satu kekurangannya adalah tidak disupportnya transfer file dengan menggunakan bluetooth ke gadget selain gadget besutan apple.

Macro focus yang dapat mengambil gambar jarak dekat dengan detil gambar yang sangat tajam. Ada juga mode SLO-MO seperti namanya kita dapat merekam video lalu memutarnya dengan gerakan slow motion atau gerak lambat. Dan satu lagi ada mode panorama dengan mode ini kita dapat mengambil gambar pemandangan secara lendscape dan memanjang. 

Mungkin banyak yang belum mengetahui cara menggunakan mode panorama pada aplikasi kamera. Caranya pada home iphone 5s ini pilih camera untuk memilih panorama mode geser layar ke kanan dua kali sampai terdapat tulisan PANO di atas lingkaran putih. Kemudian tekan sekali lingkaran putih dan geserlah iphone sampai semua pemandangan yang diinginkan terambil.

1 comments:

Post a Comment

 
;